Tuesday, September 6, 2011

Pengenalan Analisa Teknikal

Ada dua metode dasar yang digunakan trader dalam menentukan kapan masuk ke pasar dalam trading saham, forex dan futures, antara lain:

Analisa Fundamental, yang mencari nilai instrumen keuangan dengan menganalisa hal-hal seperti neraca perusahaan ketika trading saham, atau ekspektasi suku bunga ketika trading mata uang dalam rangka memperkirakan apakah instrumen keuangan tersebut overvalued atau undervalued.
Analis Teknikal, yang berfokus hanya ke pergerakan harga historis suatu instrumen keuangan untuk memperkirakan apakah instrumen itu kemungkinan akan naik atau turun nilainya, serta bagaimana perdagangannya.
Meski ada pengecualian, sebagai aturan umum, investor jangka panjang cenderung membuat keputusan trading mereka pada fundamental dan trader jangka pendek lebih berfokus pada teknikal. Meski trader aktif cenderung lebih berfokus pada teknikal dari pada fundamental, mereka punya pemahaman mengenai fundamental dan banyak dari mereka yang mempertimbangkan faktor tersebut membuat keputusan di samping menggunakan analis teknikal.
Ada perdebatan mengenai metode mana yang lebih baik karena banyak investor dan trader sukses yang berfokus pada fundamental seperti Warren Buffet, maupun yang sukses dengan berfokus pada teknikal seperti Richard Dennis.
Dalam pelajaran ini, kita akan berfokus pada teknikal. Setelah kita punya pemahaman baik mengenai analis teknikal dan alat-alat yang biasa digunakan, kita akan mulai membahas faktor fundamental. Setelah itu, anda bisa putuskan apakah anda ingin trading dengan menggunakan analisa fundamental, teknikal atau keduanya. (Oleh: Nizar Hilmy)