Tuesday, September 6, 2011

Analisa Teknikal: Dow Theory Bag. 3 (3 prinsip kedua Teori Dow)

Dalam pelajaran sebelumnya, kita membahas pengenalan Teori Dow dan tiga prinsip pertamanya, yaitu pasar punya tiga tren, tiap tren punya tiga tahap, pasar selalu memperhitungkan (discount) semua berita. Sekarang, kita akan membahas 3 prinsip kedua yang menyelesaikan pembahasan mengenai Teori Dow dan memberikan kita dasar dalam menganalisa tren serta melakukan transaksi.

Prinsip keempat Teori Dow adalah Indeks Harus Saling Mengkonfirmasi. Dalam hal ini, Dow mengacu pada Dow Jones Transportation Index dan the Dow Jones Industrial Average.
Untuk memahaminya, penting untuk mengingat bahwa di era Dow, pertumbuhan AS digerakan oleh sektor industri. Kedua indeks ini terdiri dari perusahaan manufaktur, dan perusahaan kereta yang merupakan metode utama pengiriman barang jadi ke pasar. Apa yang dimaksud Dow di sini adalah anda tidak akan mendapat rally sesungguhnya di salah satu indeks tanpa konfirmasi dari keduanya karena bila laba perusahaan manufaktur meningkat mereka akan mengirim lebih banyak produk. Ini berarti laba perusahaan transportasi dan indeks transportasi juga akan naik. Dow menyatakan bahwa ketika kedua indeks bergerak dalam arah yang berbeda, itu merupakan tanda pasar akan berubah arah.




Prinsip kelima adalah Tren Dikonfirmasi Dengan Volume. Apa yang dimaksud Dow adalah ada banyak alasan mengapa harga bergerak dalam volume rendah. Namun ketika harga bergerak dalam volume tinggi, ada kemungkinan pergerakan menjadi cerminan pandangan pasar keseluruhan. Dow memandang bahwa bila banyak trader berpartisipasi dalam suatu pergerakan harga dan harga bergerak dalam satu arah signifikan, ini merupakan indikasi tren sedang terbentuk karena inilah arah yang diantisipasi pasar akan terus bergerak.



Prinsip keenam adalah Tren Selesai Ketika Ada Sinyal Pasti Membuktikan Itu Telah Berakhir. Apa yang dimaksud Dow ialah ada pergerakan pasar yang bertolak belakang dengan tren utama, namun belum tentu tren berakhir dan pasar akan melanjutkan tren sebelumnya. Masih banyak perdebatan mengenai cara jitu untuk menentukan kapan sinyal definitif mengindikasikan tren berakhir, dan inilah yang menjadi pelajaran analisa teknikal selanjutnya.
(Oleh: Nizar Hilmy)