Saturday, October 30, 2010

Apakah Diversifikasi Dalam Memilih Saham Merupakan Strategi Yang Tepat?

"Diversifikasi adalah sebuah proteksi atas kebodohan.
(Hal itu) tidak berarti banyak bagi mereka yang mengetahui apa yang mereka lakukan".
Paul Tudor Jones

 Sebagian besar orang menyarankan – mungkin lebih dari 80% - jika ingin berinvestasi di pasar saham, sebaiknya melakukan diversifikasi ke banyak saham yang berbeda sehingga kita bisa terhindar dari kerugian yang besar. Alasan mereka salah satunya adalah jika kita telah memilih untuk membeli 10-20 perusahaan yang berbeda dan pada sector yang berbeda, berarti jika satu saham nilainya turun berarti kemungkinan … dan sering berharap nilai saham yang lain akan naik harganya. Selanjutnya … berharap secara rata-rata akan mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
Banyak juga yang mengatakan,”Jika saya berinvestasi pada 3 reksadana saham, 3 reksadana campuran, memegang 20 saham yang berbeda, dst …”, berarti kita telah melakukan diversifikasi yang menguntungkan.
Bagaimana menurut Anda?
Diversifikasi  adalah wujud dari ketidaktahuan dan kurangnya informasi di bursa saham – Warren Buffett.
Pernahkan Anda melihat sirkus, sulap atau semacamnya bersama anak2 Anda? Jika melihat permainan piring berputar yang diletakkan dalam serangkaian bambu/stick, kemudian si pemain sirkus berusaha memutarkan banyak piring dalam satu waktu … bagaimana perasaan Anda/anak Anda melihatnya? Tegang? Tahan nafas? Atau mungkin terheran2 mengapa hal itu bisa dilakukan – mungkin Anda perlu memperhatikan ekspresi anak anda pada pengalaman pertamanya!
Yang  pasti pemain memerlukan latihan yang konsisten & diiringi dengan pengalaman yang banyak. Semakin sedikit jumlah piring yang dimainkan, semakin fokus & semakin mudah pemain sirkus tersebut melakukannya.
Sama kejadiannya jika Anda berinvestasi pada bursa saham.
Jika kita memegang saham terlalu banyak di tangan, kemungkinan kita akan memiliki perasaan emosi seperti itu. Akan membutuhkan banyak waktu untuk memantau setiap saham yang Anda miliki & akan cukup sulit mengendalikan emosi Anda. Atau mungkin bahkan Anda sampai lupa saham-saham apa saja yang sudah dimiliki.
Misalkan Anda & saya memiliki goal untuk memperoleh keuntungan 30% per tahun secara konsisten. Jika kita sampai memiliki 10 - 20 saham yang berbeda, berarti masing2 dari jenis saham tersebut harus memiliki gain minimal 30%. Atau kita harus menghitung rata-rata kenaikan seluruh saham yang dimiliki sekitar 30%. Kalau menurut saya akan sulit untuk mendapatkan banyak saham yang memiliki pertumbuhan minimal 30% - mungkin saja terjadi tapi akan membutuhkan energi dan research yang banyak. Dan tentunya perlu memiliki keyakinan berinvestasi yang tinggi. Lalu bagaimana jika menginginkan keuntungan yang lebih besar dari 30%?
Saya akan lebih senang & memiliki keyakinan yang baik untuk melompat parit yang kecil dalam satu waktu dibandingkan berusaha untuk melompati sungai yang lebar. Namun dalam jangka panjang, jumlah parit yang saya lompati pasti akan lebih lebar dari satu buah sungai.
Strategi yang saya pergunakan adalah cukup dengan memiliki 3 – 5 saham yang berbeda (pasti saya ingat nama-nama sahamnya diluar kepala!). Tentu sebelumnya perlu melakukan research yang baik, pilih saham-saham yang berada pada kreteria/aturan yang saya pegang, tunggu momentum belinya, usahakan membeli sedekat mungkin dengan titik belinya, dan bertindaklah – perlu diingat kondisi market harus dalam keadaan uptrend. Jika nanti ada kesalahan prediksi, akui & ulangi lagi prosesnya.
Dengan melakukan proses tersebut dan memiliki jumlah saham yang tidak banyak akan sangat mungkin mencapai tujuan yang saya harapkan.  Apakah memiliki 3 – 5 saham yang berbeda akan mungkin menghasilkan keuntungan yang diharapkan dibandingkan dengan 10 – 20 saham?
Mungkin tabel berikut dapat menjadi bahan pertimbangan:
Misalkan goal keuntungan jangka panjang = 30%

Saham A
Saham B
Saham C
Saham D
50%
35%
50%
-7%
Saham A
Saham B
Saham C
Saham D
Saham E
Saham F
Saham G
Saham H
Saham I
Saham J
Saham K
Saham L
Saham M
50%
35%
50%
-7%
30%
20%
20%
50%
100%
15%
-5%
50%
-6%
4 buah saham Rata2 Gain:
32%
13 buah saham Rata2 Gain:
30.9%

Menurut Anda mana yang lebih mudah dicapai & dipantau?
Tindakan yang saya lakukan adalah:
Misalkan saya memiliki dana 100 juta untuk diinvestasikan dalam pasar saham dan ingin memiliki 3 saham yang berbeda, berarti saya perlu membeli sekitar 30 -35 juta untuk masing2 saham.
Saya akan melihat data-data pada dailystockprice.net report setiap hari dan melakukan pekerjaan rumah - baca artikel - sambil memasukkan saham yang ingin dibeli dalam monitor list pribadi saya.
Jika nantinya ada salah satu saham yang saya beli tidak menunjukkan response yang diinginkan – baca artikel - dalam jangka waktu tertentu, saya dapat dengan cepat mengambil keuntungan jangka pendek dan mengganti saham tersebut dengan saham lain yang menurut saya akan mendapatkan gain yang lebih baik.
Begitu ketiga saham tersebut memiliki kinerja yang baik, saya akan mulai mencari saham yang keempat, dan seterusnya sampai maksimum 5 saham.  Jika perlu saya akan menambah dana secara bertahap sesuai dengan kondisi keuangan saya.
Jika goal  jangka panjang sudah tercapai (misalnya lebih cepat dari waktu yang saya targetkan), yang saya lakukan adalah melakukan evaluasi kembali atau take profitbaca artikel.
Fokuslah dengan apa yang Anda lakukan – William O’Neil & semua investor besar.

http://www.dailystockprice.net/
Saturday 12 Sep 2009